Tips Agar Kuota Internet Anda Menjadi Hemat Dan Tidak Boros

shares |

Tips Agar Kuota Internet Anda Menjadi hemat

Pernahkah kalian merasa jengkel ketika paket internet atau data seluler Anda habis? Rasanya-rasanya baru kemarin beli paket internet, namun kenapa cepat habis? Pasti kalian pernah merasakan hal itu bukan?

Internet saat ini sudah merupakan sebuah kebutuhan bagi orang banyak. Dengan hadirnya smartphone, membuat pengguna internet beralih ke perangkat tersebut.

Semua dapat dilakukan melalui perangkat itu. Apa lagi jika layanan data internetnya aktif. Semua hal dapat dieksplore bila memiliki data seluler.

Untuk menyiasati borosnya paket internet, ada beberapa tips untuk menghemat paket internet atau data seluler. Tertarik? Berikut beberapa tips untuk menghemat paket internet Android.

1. Matikan konektivitas internet saat tidak membutuhkannya.

Hal paling sederhana untuk menghemat paket internet Anda salah satunya matikan paket internet saat tidak membutuhkannya. Kalian baru mengaktifkan paket internet tersebut ketika membutuhkannya saja.

Cara untuk mematikan konektivitas internet gulirkan jari Anda dari atas layar. Lalu matikan konektivitas internet. Sangat mudah bukan?



2. Matikan fitur Auto-Sync di saat tidak perlu mengaktifkannya.

Fitur Auto-Sync terhubung langsung dengan akun Google pengguna smartphone. Jika fitur Auto-Sync merasa tidak perlu digunakan. Alangkah baiknya fitur tersebut dimatikan.

Karena fitur itu juga dapat menyedot banyak paket internet Anda. Cara mematikan fitur tersebut gampang. Cukup gulirkan jari kalian dari atas layar. Lalu matikan fitur Auto-Sync.

3. Matikan fitur Auto-Update Google Play.

Ini merupakan hal yang terpenting bagi kalian pemilik smartphone ber-platform Android. Nyatanya fitur Auto-Update merupakan fitur yang dapat memakan banyak kuota paket internet Anda.

Karena fitur Auto-Update selalu lakukan update aplikasi yang terdapat pada smartphone pengguna. Cara mematikan fitur tersebut cukup mudah. Buka aplikasi Google Play> Settings> Matikan fitur Auto-Update Apps.

4. Manfatkan fitur Wi-Fi.


Sepertinya cara ini kebanyakan orang tahu. Nyalakan fitur Wi-Fi ketika layanan Wi-Fi tersedia. Pemikiran ini sepertinya sudah melekat pada orang Indonesia.

Jika ada yang gratisan, kenapa harus bayar. Cara aktifkan fitur Wi-Fi sangat gampang.

Gulirkan jari Anda dari atas layar. Lalu aktifkan fitur Wi-Fi. Seketika fitur Wi-Fi pun nyala. Kalian pun kini dapat menghemat paket internet.

5. Kenakan aplikasi browser yang tepat.

Kenakan aplikasi browser sembarangan dapat menyedot paket internet Anda. Oleh sebab itu pengguna smartphone Android harus bijak dalam menggunakan aplikasi browser.

Aplikasi Opera Mini dan UC Browser merupakan aplikasi browser yang tepat untuk menanggulangi paket internet yang boros.

6. Ubah resolusi video dalam aplikasi YouTube.

Bagi pengguna yang demen untuk menonton video dalam aplikasi YouTube. Alangkah baiknya jika kalian semua menurunkan resolusi video dalam aplikasi YouTube.

Penurunan resolusi ini nyatanya dapat menghemat pemakaian paket internet. Cara mengubahnya cukup gampang.

Buka aplikasi YouTube> Pilih video yang akan di tonton> Tekan ikon tombol tiga titik di pojok kanan atas> Pilih menu Quality> Pilih resolusi video paling kecil.

7. Matikan fitur Auto-Download dalam aplikasi chating.

Misal kalian miliki aplikasi WhatsApp pada perangkat Android. Tahukah jika dalam aplikasi WhatsApp ada fitur Auto-Download di dalamnya?

Fitur tersebut dapat secara otomatis download suara, gambar, maupun video. Oleh sebab itu lebih baik jika fitur tersebut segera dimatikan.

Caranya buka aplikasi WhatsApp> Tekan ikon tombol tiga titik di pojok kanan atas> Pilih menu Settings> Ketuk menu Chat and Calls> Pilih menu Media Auto-Download> Non-aktifkan seluruh kotak yang ada. (sinyal.co.id)

Related Posts