Kembang Api Bakar Candi, Lebih dari100 Orang Tewas

shares |

Kembang Api Bakar Candi, Lebih dari100 Orang Tewas

Kebakaran hebat yang terjadi saat pertunjukan kembang api di sebuah candi Hindu di India selatan pada Minggu (10/4) dini hari menewaskan 100 orang lebih dan melukai 200 orang lainnya.

Menurut Chief Minister Oommen Chancy, kebakaran bermula saat percikan dari pertunjukan kembang api menjalar ke tumpukan kembang api yang diletakkan di komplek candi Puttingal di Desa Paravoor.

Ribuan orang tengah berkumpul di dalam komplek candi saat ledakan besar terjadi pada pukul 03.00 dini hari. Api kemudian menjalar cepat ke seluruh bagian candi.

Lebih dari 102 orang tewas saat bangunan yang menyimpan kembang api tersebut rubuh.

Siaran televisi lokal menunjukkan gambar awan putih tebal yang keluar dari dalam candi. Pada saat yang bersamaan, kembang api tampak bersinar di langit.

Sekadar informasi, candi-candi di India memang rutin menggelar pertunjukan kembang api yang kompetitif setiap tahun. Setiap kelompok menampilkan pertunjukan kembang api di hadapan ribuan peziarah yang berkumpul pada hari terakhir festival tujuh hari yang digelar untuk menghormati dewi Bhadrakali.

Tahun ini, menurut Chief Minister Chandy, pemerintah distrik membantah telah memberikan izin untuk pelaksanaan pertunjukan kembang api.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi India sudah memberikan mandat bahwa kembang api harus diletakkan lebih dari 100 meter dari candi.

"Kami masih melakukan investigasi bagaimana peraturan ini dilanggar dan siapa yang bertanggungjawab atas keputusan ini dan melaksanakan pertunjukan kembang api," kata Chandy.

Perdana Menteri India Narendra Modi sudah mengunjungi lokasi dan menemui korban selamat juga keluarga korban. (kontan)

Related Posts