Pembangunan Pabrik Mobil Esemka Sudah Dimulai

shares |

Pembangunan Pabrik Mobil Esemka Sudah Dimulai

Pembangunan pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah memasuki tahap pertama. Rencana target penyelesaian Juni mendatang. Dua bangunan rencananya akan didirikan untuk show room dan asembly hall stage atau gedung perakitan.

Dari informasi yang didapatkan di lokasi proyek, pembangunan pabrik dikerjakan PT Ghewantika Konstruksi. Sedangkan pemilik proyek adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yang berbasis di Jakarta.

Dalam pembangunan tahap awal, show room dibangun seluas 15X30 meter persegi. Sedangkan gedung perakitan seluas 60X100 meter persegi.

“Pembangunan mulai dikerjakan awal Januari lalu dan ditargetkan selesai dalam waktu enam bulan,” ujar Sumadi,48, salah satu warga setempat yang diminta untuk membantu mengawasi pelaksanaan proyek saat ditemui di lokasi pembangunan pabrik, Jumat (4/3/2016).

Ketika awal pembangunan, tanah seluas 11,4 hektar yang dipakai untuk pabrik sebagian diratakan dan ditinggikan dengan tanah urugan. Proses pengurukan dan pemadatan berlangsung selama tiga pekan.

Setelah itu mulai dibangun pondasi bangunan yang menjadi lokasi untuk show room maupun gedung perakitan. Sementara tiang pancang dipasang sekitar dua pekan lalu. Pengerjaan proyek berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 WIB.


“Terkadang juga berhenti karena turun hujan deras,” ungkapnya. Semua bahan pembangunan, mulai dari besi, rangka baja, dan perlengkapan lainnya didatangkan dari Jakarta. Saat ini, pemasangan rangka baja mulai dikerjakan," ujarnya.// sindownews//

Baca Juga : 

Pabrik Mobil Esemka Telan Investasi Rp2,1 Triliun

Related Posts