Keren, Bakteri Ini Mampu Menerangi Kota ... Jadi Hemat Energi Kan...

shares |

Keren, Bakteri Ini Mampu Menerangi Kota
Sebuah perusahaan Perancis memanfaatkan kekuatan bakteri bioluminescent untuk menerangi area publik.

Glowee, sebuah perusahaan penyedia jasa ini di Paris, menggunakan bakteri yang bisa berpendar ini untuk menerangi etalase toko, ruang publik, dan instalasi, dengan harapan menerangi seluruh jalan-jalan kota dengan lampu mikroba.

Laporan New Scientist menyebut, lampu mikroba ini terdiri bentruknya transparan, diisi dengan gel yang mengandung bakteri bioluminescent, bersama gula dan oksigen yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Bakteri yang digunakan adalah bakteri baik, non patogen dan non toksik.

Ada manfaat lingkungan yang jelas untuk menggunakan lampu mikroba.

Meskipun perusahaan tidak berniat mengganti semua lampu listrik dengan bioluminescence, hal ini adalah ide yang menjanjikan, dengan mengurangi konsumsi listrik dan meredam emisi gas karbon dioksida (pemicu pemanasan global) lebih sedikit dibandingkan cara konvensional.

Memang masih ada beberapa kelemahan untuk lampu mikroba ini.

Desain lampunya hanya dapat menghasilkan cahaya selama tiga hari. Meskipun tim berharap untuk terus melakukan pengembangan, ada juga pertanyaan apakah biaya dan alat-alat produksi yang bisa menyaingi efisiensi teknologi ringan lainnya.

Meskipun biaya dan efisiensi Glowee tetap tidak jelas, ada beberapa keuntungan praktis. Satu di antaranya, lampu dan casing tampak transparan pada siang hari.

Inspirasi mereka datang setelah hukum yang telah disahkan pada bulan Juli 2013 yang melarang kantor dan etalase toko mereka boleh menyalakan lampu selama pagi hari untuk mengekang polusi cahaya dan konsumsi energi.
Setelah kampanye crowdfunding Mei 2015, Glowee sekarang bekerja pada proyek-proyek dengan perusahaan event, perusahaan furniture perkotaan, dan bahkan Ben & Jerry (es krim). (IFL Science/Youtube)

Keren, Bakteri Ini Mampu Menerangi Kota ... Jadi Hemat Energi ...

Keren, Bakteri Ini Mampu Menerangi Kota ... Jadi Hemat Energi Kan...Sebuah perusahaan Perancis memanfaatkan kekuatan bakteri bioluminescent untuk menerangi area publik.Glowee, sebuah perusahaan penyedia jasa ini di Paris, menggunakan bakteri yang bisa berpendar ini untuk menerangi etalase toko, ruang publik, dan instalasi, dengan harapan menerangi seluruh jalan-jalan kota dengan lampu mikroba.Laporan New Scientist menyebut, lampu mikroba ini terdiri bentruknya transparan, diisi dengan gel yang mengandung bakteri bioluminescent, bersama gula dan oksigen yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.Bakteri yang digunakan adalah bakteri baik, non patogen dan non toksik.Ada manfaat lingkungan yang jelas untuk menggunakan lampu mikroba.Details : ---- > http://www.gunardi.info/2016/03/keren-bakteri-ini-mampu-menerangi-kota.html

Dikirim oleh Gunardi.info pada 3 Maret 2016

Related Posts