6 Manfaat Tahu dan Tempe Untuk Kesehatan

shares |



Manfaat tempe dan tahu untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Tempe dan tahu bukan hanya makanan yang enak dan dapat membuat Anda kenyang. Kedua makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Bahkan manfaatnya tidak hanya satu ataupun dua saja, manfaatnya cukup banyak. Seperti yang Anda tahu, tahu dan tempe merupakan makanan yang sering dijadikan lauk. Keduanya dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan juga lezat.

Dibandingkan harus mengonsumsi daging setiap hari, konsumsi tempe dan tahu setiap hari lebih bagus. Kedua makanan ini merupakan sumber protein dan juga probiotik yang baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat tempe dan tahu bagi kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaat dari tempe dan tahu yang baik untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol jahat
Manfaat pertama makanan yang terbuat dari kacang kedelai yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Jadi konsumsi tempe dan tahu secara rutin dapat menurunkan risiko terkenal jantung, stroke dan menurunkan kadar gula untuk penderita penyakit diabetes.

2. Menurunkan tekanan darah
Manfaat tempe dan tahu untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat membatu menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan yang ada dalam tempe dan tahu juga dapat mencegah komplikasi akibat penyakit diabetes.

3. Memperlancar sistem pencernaan
Manfaat tempe dan tahu lainnya yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan. Kedua makanan ini kaya akan serat, dapat mengikat lemak dan juga kolesterol. Mengonsumsi tempe dan tahu setiap hari dapat membantu mengontrol berat badan.

4. Mencegah kanker
Manfaat lain konsumsi tempe dan tahu secara rutin yaitu dapat mencegah kanker. Tempe dan tahu mengandung senyawa antioksidan isoflavon yang dapat memperbaiki sel. Selain itu, antioksidan ini juga dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel akibat sinar matahari dan polusi.

5.  Mengatasi gejala menopause
Bagi wanita yang mengalami gejala menopause umumnya akan menderita beberapa hal yang cukup memberikan rasa kurang nyaman. Dengan mengonsumsi tempe dan tahu secara rutin ternyata dapat membantu mengatasi rasa kurang nyaman tersebut.

6. Sumber energi
Seperti yang Anda ketahui, tempe dan tahu mengandung senyawa-senyawa yang bagus untuk kesehatan. Oleh sebab itu kedua makanan ini dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.
Konsumsi tempe dan tahu juga dapat bermanfaat untuk mencegah bibir pecah-pecah dan juga sakit tenggorokan. Bagi Anda yang ingin hidup sehat dengan cara murah, Anda dapat mengonsumsi tempe dan tahu sehari-hari. Menu makanan ini tidak hanya murah tetapi juga sehat. Itulah manfaat tempe dan tahu untuk kesehatan tubuh manusia.

Related Posts