Hukum Tidak Membaca Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu

shares |

Hukum Tidak Membaca Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu

Abu Hurairah ra Berkata : " Rasulullah SAW bersabda : Tidak dianggap shalat bagi orang yang tidak berwudhu dan tidak di anggap wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah ". (HR.Ahmad, Abu Dawud, Dan Ibnu Majah)

Hadist Di Atas Menunjukkan wajibnya menyebut nama Allah ketika berWudhu . Al-Utrah, Kalangan Zhahiriyah, ishak dan salah satu riwayat dari Ahmad bin Hanbal berpendapat bahwa berdoa sebelum dan sesudah wudhu hukumnya Wajib.

Pengikut Madzhab Syafi'i , Hanafi, Maliki Dan Rabi'ah berpendapat dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa hukumnya sunnah

Adapun Mengenai keutamaan dzikir setelah wudhu, Nabi Muhammad SAW Bersabda : "Tidaklah salah seorang diantara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu membaca : " saya bersaksi bahwa tidak ada ilah kecuali Alah Semata , tiada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Hamba dan utusannya" Melainkan akan di bukakan baginnya pintu-pintu surga yang berjumlah delapan dan dia akan masuk dari pintu mana saja yang dia kehendaki." (HR.Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan An- Nasa'i , shahih Al-Jami (5803)

At -Tirmidzi Menambahkan : "Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci. [reportaseterkini]

Sumber : 400 Kesalahan Dalam Shalat Oleh Mahmud Al-Mishri

Related Posts