Wow, Serbuk Gergaji Bisa Diolah Jadi Bensin

shares |

Wow, Serbuk Gergaji Bisa Diolah Jadi Bensin

Serbuk gergaji bisa memiliki peran penting dalam mengurangi emisi global. Peneliti dari University of Leuven Belgia mengonversi limbah kayu menjadi senyawa bensin yang ramah lingkungan. Salah seorang peneliti, Sander Van Den Bosch mengatakan, mereka menambahkan serbuk gergaji kayu ke dalam reaktor untuk diolah menjadi bensin. Bagaimana caranya?

Dalam proses, ditambahkan katalis untuk membantu reaksi kimia dalam kayu sehingga selektif mendepolarisasi lignin menjadi bahan lainnya yang bisa digunakan. Diperlukan pula pelarut untuk mengekstrak lignin dari bahan padat.

"Kita juga bisa menggunakan air untuk atau juga turunan berbagai jenis bio alkohol. Dalam 12 jam proses kimia mengubah selulosa dalam serbuk gergaji ke dalam rantai hidrokarbon dan menghilangkan oksigen," ujar Van Den Bosch dilansir dari Reuters.

Proses sederhana ini bisa menghasilkan struktur identik seperti yang terdapat pada minyak mentah. Peneliti lainnya, Wouter Schutyser, mengatakan, hasil hutan saat ini banyak yang digunakan untuk konstruksi dan furnitur.

"Maka kami mencoba untuk mengubahnya, yang digunakan sebagai sumber energi, serbuk gergaji bisa menjadi bahan utama dalam tawaran pemerintah untuk memenuhi kewajiban menjaga lingkungan," ujarnya.
Via : Republika

Related Posts