Mungkin Kamu Juga! Berkumur Kumur Setelah Selesai Gosok Gigi Tidak Di anjurkan

shares |

Berkumur Kumur Setelah Selesai Gosok Gigi Tidak Di anjurkan
Orang punya cara masing-masing dalam hal menyikat gigi. Tapi ternyata, ada batasan-batasan tertentu dalam mengurus gigi agar menjadi sesuai yang diinginkan. Beberapa faktor seperti gerakan, waktu, serta kebiasaan menyikat gigi ternyata dapat mempengaruhi kesehatan gigi.

Dilansir dari situs Dailymail, melalui wawancara bersama dr Michael Tam seorang dokter gigi yang menjadi langganan para selebriti, diketahui ada beberapa kesalahan dalam menyikat gigi yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang seperti berikut ini:

1. Berkumur usai sikat gigi

Rata-rata orang berkumur pascamenyikat gigi. Menurut dr Tam, hal tersebut ternyata tidak dianjurkan. "Orang-orang tak sadar bahwa sebenarnya tak baik berkumur usai menyikat gigi. Tujuan menyikat gigi adalah memperbaiki dan membuat daerah mulut menjadi bersih." Untuk itu dr Tam menganjurkan untuk berkumur setelah 30 menit pascamenyikat gigi. Sehingga kandungan pada pasta gigi dapat meresap terlebih dulu dan tidak langsung hilang.

2. Sikat gigi langsung seusai makan

"Makanan dan minimum asam seperti jus jeruk dapat melembutkan enamel gigi. Jadi penting untuk menunggu Ph di mulut menjadi seimbang," ujar dr Tam. Setidaknya, tunggulah 30 menit setelah makan sebelum menggosok gigi.

3. Menyikat gigi terlalu keras


Menyikat gigi terlalu kuat berisiko menyebabkan pengikisan pada gigi. "Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus untuk mengurangi abrasi dan cobalah melakukannya dengan lembut saat menyikat gigi," ucap dr Tam.

4. Menyikat gigi kurang dari dua menit

Dr Tam juga mengingatkan, "Jika Anda menyikat gigi kurang dari dua menit, hal tersebut justru akan meninggalkan lebih banyak sisa makanan dan noda pada gigi. Pasta gigi berbusa juga tidak menjamin dapat mengangkat seluruh kotoran yang ada."

5. Terlalu sering ngemil

Selain tak baik bagi bobot tubuh, mengemil terlalu sering dapat membuat gigi menjadi cepat rusak. "Butuh waktu lima menit untuk air liur menetralkan Ph pada daerah mulut. Jika mengemil terlalu sering sepanjang hari, mulut akan lebih asam dan gigi lebih mudah rusak," jelas dr Tam.

6. Menyikat gigi saat mandi

Menyikat gigi saat mandi, terutama pada pancuran air yang mengalir sebenarnya membuat aktivitas menggosok gigi jadi tak terlalu fokus. "Sangat baik untuk menggosok gigi di depan cermin, jadi Anda dapat melihat tiap sudut rongga mulut saat menyikatnya," saran dr Tam.(kompas.com)

Related Posts