Trending Topic Twitter Kini Tidak Bikin Bingung

shares |

Kemarin, Twitter baru saja memutakhirkan layanannya bagi pengguna iOS dan situs. Microblog tersebut memungkinkan penggunaan Retweet (RT) tertanam layaknya padaTumblr.

Hari ini, Kamis (9/4/2015), Twitter kembali memperbarui layanannya. Kini pengguna dapat mengakses informasi mendetil ihwal Trending Topic (TT) di media sosial berlogo burung tersebut.

Menurut product manager Twitter Gabor Cselle, TT adalah salah satu fitur yang paling sering diakses pengguna Twitter. Semua topik hangat di waktu tertentu bisa dilihat di situ. Namun, terkadang hastag atau tagar (tanda pagar #) topik di TT membingungkan penggunanya.

"Terkadang tagar hanya berupa singkatan. Misalnya #NYFW. Tak semua pengguna bisa langsung paham apa maksudnya. Makanya kami bikin pembaruan untuk memberi informasi dari setiap TT," kata Cselle di blog resmi Twitter dan dikutip KompasTekno.

Saat pengguna mencari topik atau akun tertentu lewat kolom pencari, tampilan Twitter langsung memperlihatkan TT teranyar.

Setiap topik diberi penjelasan singkat ihwal latar belakang dan jumlah kicauan yang menggunakan tagar topik tersebut.

Selain itu, untuk TT terbaru, disematkan pula informasi waktu. "Trending for 3 hours now" atau "jadi tren selama 3 jam saat ini", begitu contoh informasi waktu yang dibeberkan.

Pemutakhiran TT Twitter yang lengkap baru berlaku di Amerika Serikat untuk sistem operasi Android dan iOS, belum hadir di web.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pemutakhiran di Indonesia baru mencakup informasi jumlah kicauan dan waktu bertenggernya Trending Topic.

Related Posts