Daftar Wisata Pantai dan Laut Yang Wajib Kamu Coba Di Bontang

shares |

Daftar Wisata Pantai dan Laut Yang Wajib Kamu Coba Di Bontang - Gaes, Sudah berapa lama kamu tinggal di Bontang? Atau mungkin kamu baru saja datang dari Luar Kota dalam rangka kunjungan kerja atau memang kamu sedang Dinas. Atu mungkin kamu sudah bertahun tahun tinggal di Bontang. Gak ada masalah gaes, Informasi ini wajibb kamu baca jika kamu semua ingin merencanakan Liburan Asik dan Seru di sekitaran kota bontang. 

Di samping Kota Industri dengan PT Pupuk Kaltim nya, Atau PT Badak NGL dan PT indominco dengan batu baranya, Kota Bontang menyimpan begitu banyak potensi wisata yang sangat menyenangkan. Wisata Bontang ini di dominasi oleh wisata alam yang tentu saja akan membuat Hari Kamu Makin Fresh dan Menyenangkan. YUk, Gaes Langsung saja simak Informasi Tujuan Piknik di Kota Bontang yang Wajib Kamu Kunjungi.Berikut Daftarnya : 

1 Pulau Beras Basah

Terletak di sebelah selatan Kota Bontang berjarak ± 7 mil laut dapat ditempuh selama 25-30 menit dengan mempergunakan speed boat milik Perusahaan PT. Badak NGL atau PT. Pupuk Kaltim atau milik Pemerintah Kota Bontang. Selain itu pengunjung dapat pula mencarter speed boat milik rakyat yang biasa parkir di Pelabuhan Tanjung Limau.

Fasilitas yang terdapat di pulau tersebut sangat minim, hanya ada tempat peristirahatan (selter) dan tempat berjemur diri yang dibangun oleh PT. Badak NGL sehimgga setiap pengunjung yang akan kesana harus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan erat dengan kegiatan rekreasi seperti tenda/ kemah, makan/ minun, pelampung berenang, pakaian renang, pakaian pengganti dan lain-lain.

Potensi yang dimiliki Pulau beras basah adalah :
Pemandangan alam pantai yang sangat menarik/ sangat indah.
Pasir putih yang terhampar luas sangat bersih, sebagai tempat menjemur diri.
Ombak yang ada memungkinkan untuk melakukan kegiatan olahraga seperti jet sky, selancar angin, menyelam dan lain-lain.

Faktor yang mendukung :

Mudah dicapai dan ditempuh dengan waktu yang relative singkat, menggunakan speed boat carteran/ perusahaan.

2 Pulau Gusung

Terletak di sebelah utara Kota Bontang berjarak ± 6 mil laut, dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat selama 20-25 menit, carteran speed boat dapat ditemukan di Pelabuhan Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau atau di Bontang Kuala.

Selama menempuh perjalanan ke Pulau Gusung wisatawan dapat menyaksikan kilang/ pabrik pengolahan Pupuk Kaltim, yang apabila dilalui pada malam hari sangat menarik, karena semarak lampu-lampu neon penerangan pabrik, hal ini merupakan salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Pulau Gusung saait ini dihuni oleh ±300 orang kepala keluarga yang mata pencahariannya adalah sebagai nelayan tradisional, dengan aktivitas sehari-hari memancing ikan, menjaring ikan dan atau menangkap ikan dengan menggunakan alat yang namanya bubu.


Fasilitas yang terdapat di Pulau Gusung untuk kepentinganpariwisata sangat minim, di pulau itu hanya terdapat pelabuhan Tombat dengan tempat peristirahatan milik posyandu yang dapat dipergunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil membakar ikan laut. Saat ini di Pulau Gusung terdapat sebuah lapangan volley pantai yang dibuat oleh LSM setempat.

Potensi, di Pulau Gusung sangat berpotensi untuk kegiatan memancing, bagi pengunjung yang mempunyai hobi memancing dipulau tersebut terdapat pulau kecil didepannya yang sering dijadikan areal pemancingan dan ikannya cukup banyak. Dan di pulau kecil ini akan dibangun pondok/ tempat pemancingan ikan oleh PKT.

Faktor pendukung, mudah dicapai dan waktu tempuh ke lokasi tersebut relative singkat speed boat carteran yang dikelola masyarakat mudah didapat di Pelabuhan Tanjung Limau dan Pelabuhan Loktuan.

3 Pantai Marina

Lokasi Pantai Marina ini masih didalam komplek PT. Badak NGL ± 4 km dari pusat Kota Bontang, Pantai Marina berpasir putih dengan tumbuhan hutan semak/ pepohonan pantai sangat menarik dan indah dipandang mata, menghadap ke Selat Makassar. Ombak yang tidak terlalu besar/ ganas dengan air kebiru-biruan sangat ideal untuk berolahraga jet sky, berenang atau bermain sky board. Pantai Marina ini dibagi kedalam dua kawasan/ lokasi yaitu Marina Kecil dan Marina Besar, yang keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Saat ini Pantai Marina merupakan salah satu pilihan yang banyak dikunjungi oleh orang yang bermaksud ingin berekreasi, terutama pada hari minggu, sabtu malam, dan hari-hari libur, karena dipantai ini sangat ideal bagi keluarga untuk bermain, mandi air laut, dan makan-makan bersama keluarga (pesta kebun). Pada malam hari di pantai ini kita bias menyaksikan lampu-lampu neon kilang LNG yang indah dipandang mata, selain itu juga dapat dilihat dari dekat lampu obor dari hasil pembakaran gas yang tidak terpakai/ berguna yang keluar dari cerobong yang sengaja dibuat untuk keperluan itu.

Potensi, pantai marina sangat berpotensi untuk dijadikan obyek wisata unggulan di Kota Bontang, bila dikelola dan dikembangkan sesuai konsep wisata bahari/ pantai. Selain pemandangan alamnya yang indah, pasir putihnya yang bersih, ombaknya yang tenag/ kecil, air lautnya yang bersih dan jernih sangat mudah dijangkau oleh pengunjung karena letaknya di areal PT. Badak NGL.

Fasilitas, di obyek wisata pantai marina saat ini telah terdapat bebrapa fasilitas bermain, seperti ayunan anak-anak unggit-unggitan, menara pengawas, tempat peristirahatan, tangga/ titian untuk turun naik ke pantai/ laut guna keperluan berenang, MCK atau kamar bilas, parker kendaraan roda empat dan dua, lokasi/ tempat berkemah atau arena untuk menghampar tikar guna keperluan makan bersama (pesta kebun) dibawah pepohonan yang sangat bersahaja bagi pengunjung.


4 Bontang Kuala

Bontang Kuala merupakan perkampungan yang masyarakatnya berdomisili atau membangun rumah didasar air laut. Sarana jalan umum, jalan gang, atau jalan yang menghubungkan rumah satu dengan yang lainnya adalah jembatan yang terbuat dari kayu ulin/ besi. Jembatan ini kondisinya mampu dilewati oleh kendaraan roda dua atau roda empat. Mayoritas penduduk Bontang Kuala bermata pencaharian sebagai nelan tradisional, selain itu ada pula yang berusaha sebagai pedagang, pengrajin tradisional, selain itu ada pula yang berusaha sebagai pedagang, pengrajin rumah tangga (home industry), swasta, buruh/ tukang bangunan dan pegawai negeri. Menurut riwayat sejarah desa tersebut merupakan perkampungan pertama yang ditemukan oleh Aji Pao kerabat Sultan dan kerajaan Kutai Kartanegara, dari sinilah cikal bakal berdirinya Kota Bontang yang saat ini yang sedang pesat-pesatnya membangun.

Fasilitas, dilokasi obyek wisata Desa Bontang Kuala telah terdapat arena bermain seperti ayunan anak-anak, tempat peristirahatan (shelter), WC Umum/ toilet umum, panggung pertunjukan dan sarana jalan/ jembatan yang permanen, serta terdapat pula café, rumah makan dan restaurant yang refresentatif.

Potensi, Desa Bontang Kualan mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi obyek dan daya tarik wisata unggulan, mengingat obyek tersebut mudah dijangkau melalui jalan darat ± 10 menit dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Di desa atau perkampungan nelayan tradisional ini dapat ditemui, rumah tradisional teratur di Kota Bontang. Mesjid tua, industri rumah tangga yang membuat manisan rumput laut, ikan asin, terasi, udang papri, dan kerang laut. Semua hasil industry rumah tangga tersebut dapat dibeli di pasar tradisional/ took kelontongan yang ada di Bontang Kuala.

5 Taman Cibodas

Terletak dijantung Kota Bontang di areal/ kawasan industry PT. Pupuk Kaltim (PKT). Taman rekreasi Cibodas pada hari minggu dan hari libus/ besar lainnya banyak didatangi oleh pengunjung, terutama oleh keluarga, mengingat lokasi taman cibodas ini mudah dijangkau, baik dengan kendaraan roda empat, roda dua maupun angkutan umum (carteran).

Fasilitas, di taman rekreasi cibodas saat ini telah terdapat bebrapa fasilitas bermain bagi anak-anak seperti ayunan, unggitan, tempat peristirahatan (shelter 0, sarana ketangkasan), keterampilan anak dalam bermain, panggung tempat makan-makan bersama keluarga, tempat duduk berputar, beberapa buah patung dari beberapa jenis binatang dan dua buah benda yang dilestarikan yaitu pesawat terbang dan speed boat.

Potensi, mudah dijangkau pengunjung, alamnya sri dengan pepohonan yang rindang, bebas polusi, didukung oleh saran kolam pemancingan ikan, dengan berbagai jenis ikannya. Di obyek ini dapat pula digunakan sebagai tempat mengadakan acara.

6 Taman Nasional Kutai

Taman nasional kutai merupakan salah satu kawasan pelestarian yang menyimpan contoh hutan-hutan dataran rendah dan hutan ulin paling baik, paling luas dank as Kalimantan Timur, secara administratif Pemerintahan TNK terletak di Kabupaten Kutai Timur (80 %) dan sisanya terletak pada Kota Bontang dan Kutai Kartanegara.

Potensi, TNK memiliki kekayaan flora meliputi : meranti, kamper borneo, ulin merbau, bakau, pancong, cemara laut, waru laut, simpur, benuang dan bayu. Sedangkan faunanya antara lain orang utan, bekantan, owa-owa, lutung merah, kukang, beruk, singapuor, banteng, rusa, kijang, kancil, beruang, kucing dahan, buaya muara, ular sawo, enggang, raja udang, beo, pecung ular bangau, ayam utan dan lain-lain.

Potensi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pariwisata antara lain :

-Bukit Enggan
-Loktuan - Bumi Perkemahan
-Teluk Kaba - Pengamatan Burung
-Trail Wisata/ Board Walk di hutan bakau
-Sangkima
-Rumah Pohon
-Ulin Raksasa
-Trail Wisata dihutan dataran rendah
-Jalan raya Km.9 -Goa sarang Burung
-Prevab – Mentoko -Pondok Penelitian Orang Utan
-Board Walk dan Pusat pendidikan lingkungan hidup
-Muara Sungai Sangatta dan Teluk Lombok
-Buaya Muara dan Pasir Putih Pantai

Faktor pendukung, TNK sebagai obyek dan tarik wisata mempunyai : kemudahan untuk dijangkau baik lewat darat maupun lewat laut, ditempuh dengan waktu yang relative singkat, dan di lokasi TNK terdapat Guider yang siap mengantar wisatawan ketujuannya.


Sumber Berita : disbudpar.kaltimprov.go.id

Related Posts